Cara Mudah Proses Pembatalan dan Perubahan Tiket Kereta, Bisa Online hingga Loket Stasiun

Cara Mudah Proses Pembatalan dan Perubahan Tiket Kereta, Bisa Online hingga Loket Stasiun. Foto: KAI

JAKARTA, MyInfo.ID – Cara mudah proses pembatalan dan perubahan tiket kereta api terus dilakukan PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk menghadirkan layanan digital yang lebih ramah pengguna. Kini, pelanggan yang mengalami perubahan rencana perjalanan tidak perlu lagi repot.

Proses pembatalan dan perubahan jadwal tiket kereta api bisa dilakukan dengan praktis, baik secara online melalui aplikasi Access by KAI maupun langsung di loket stasiun tertentu.

Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menegaskan layanan ini hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang seringkali harus menyesuaikan jadwal perjalanan karena alasan mendadak.

“Pelanggan dapat membatalkan tiket dengan mudah melalui Access by KAI maupun loket stasiun, dengan biaya pembatalan yang transparan sebesar 25 persen dari harga tiket. Dana pengembalian akan diproses dalam waktu maksimal tujuh hari kerja melalui transfer bank atau e-wallet yang dipilih pelanggan,” ujar Anne dalam keterangannya, Rabu (27/8/2025)..

Syarat dan Batas Waktu Pembatalan

Meski mudah, ada beberapa ketentuan yang wajib diperhatikan penumpang. Pembatalan tiket hanya dapat dilakukan jika data nomor identitas akun maupun calon penumpang sesuai dengan yang tertera pada tiket di dalam satu kode booking.

Proses pembatalan tiket kereta api bisa dilakukan paling lambat dua jam sebelum jadwal keberangkatan. Syarat lainnya, tiket harus sudah lunas dan belum dicetak menjadi boarding pass ataupun e-boarding pass.

Untuk layanan KA antarkota atau jarak jauh, pembatalan dapat dilakukan langsung melalui aplikasi Access by KAI. Sedangkan untuk KA lokal, pembatalan hanya bisa diproses melalui loket di stasiun.

Follow WhatsApp Channel My Info untuk update berita terkini setiap hari! Follow