News  

Kementerian PANRB Hadirkan Public Service Day, Mudahkan Layanan Publik melalui Multi Kanal

Kementerian PANRB Hadirkan Public Service Day, Mudahkan Layanan Publik melalui Multi Kanal. Foto: Humas Menpanrb

JAKARTA, MyInfo.ID – Dalam rangka menyambut HUT ke-80 Republik Indonesia sekaligus memperingati HUT ke-66 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), digelar acara Public Service Day yang menghadirkan berbagai layanan publik praktis bagi pegawai maupun masyarakat. Acara ini resmi dibuka langsung oleh Menteri PANRB, Rini Widyantini.

“Saya berharap seluruh pegawai bisa ikut berpartisipasi pada acara ini. Banyak sekali layanan yang tersedia, antara lain samsat keliling, perpanjangan SIM, perpanjangan STNK, hingga layanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital,” ujar Rini dalam keterangannya, Rabu (20/8/2025).

Rini menegaskan bahwa Kementerian PANRB berkomitmen untuk terus mengembangkan ekosistem pelayanan publik melalui strategi multikanal (omnichannel). Ada empat pendekatan utama yang diterapkan:

  1. Interaksi tatap muka langsung antara petugas dan penerima layanan.
  2. Pelayanan bergerak (jemput bola) yang mendekatkan layanan ke lokasi masyarakat.
  3. Pelayanan mandiri dengan bantuan mesin otomatis.
  4. Layanan digital melalui sistem informasi berbasis jaringan.

Dengan konsep ini, diharapkan pelayanan publik menjadi lebih mudah diakses, efisien, dan berkualitas.

Public Service Day diadaptasi dari konsep Mal Pelayanan Publik (MPP), yakni penyediaan beragam layanan dalam satu lokasi terpadu. Hingga kini, Kementerian PANRB telah membangun lebih dari 270 MPP di seluruh Indonesia, yang rata-rata mengintegrasikan lebih dari 100 jenis layanan publik dalam satu tempat.

Related Images:

Follow WhatsApp Channel My Info untuk update berita terkini setiap hari! Follow