PURWOKERTO, MyInfo.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto memastikan sebagian besar perjalanan kereta api pada Minggu (26/10) berjalan lancar dan sesuai jadwal. Meski demikian, dua perjalanan mengalami keterlambatan akibat imbas gangguan operasional di wilayah Stasiun Kedunggedeh, Daop 1 Jakarta.
Dalam keterangan resminya, PT KAI Daop 5 Purwokerto menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan atas keterlambatan tersebut. Gangguan yang terjadi di wilayah lain itu sempat berdampak pada pola perjalanan beberapa rangkaian kereta yang melintas.
Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Krisbiyantoro, menjelaskan bahwa berdasarkan pembaruan data pada pukul 18.00 WIB, terdapat dua rangkaian kereta yang mengalami keterlambatan.
“KA 112 Sawunggalih relasi Pasarsenen – Kutoarjo berada di Stasiun Cipunegara dan diperkirakan tiba di Kutoarjo pukul 21.15 WIB. Selanjutnya, rangkaian tersebut akan diberangkatkan kembali sebagai KA 113 Sawunggalih relasi Kutoarjo – Pasarsenen dengan jadwal semula pukul 20.05 WIB, dan estimasi keberangkatan mengalami keterlambatan,” jelasnya.
Selain itu, KA 58F/59F Purwojaya relasi Gambir – Cilacap juga mengalami keterlambatan keberangkatan. “Saat ini berada di wilayah Hargeulis dengan estimasi tiba di Stasiun Cilacap pukul 20.45 WIB. Rangkaian tersebut selanjutnya akan diberangkatkan kembali sebagai KA 57F Purwojaya relasi Cilacap – Gambir dengan jadwal semula pukul 20.05 WIB dan estimasi keberangkatan terlambat,” tambahnya.
Sebagian Besar KA Berangkat Sesuai Jadwal
Meski ada dua perjalanan yang terdampak, mayoritas keberangkatan kereta di wilayah Daop 5 Purwokerto tetap berjalan tepat waktu. Hingga Minggu sore, tercatat 13 perjalanan yang diberangkatkan sesuai jadwal, antara lain:
- KA 115 Sawunggalih relasi Kutoarjo – Pasarsenen (13.50 WIB)
- KA 52/49 Purwojaya relasi Cilacap – Gambir (14.15 WIB)
- KA 290 Serayu relasi Purwokerto – Pasarsenen (16.45 WIB)
- KA Logawa relasi Purwokerto – Ketapang (06.45 WIB)
- KA Malioboro Ekspres relasi Purwokerto – Malang (08.20 WIB)
- KA Kamandaka relasi Purwokerto – Semarang Tawang (05.10 WIB)
- KA Joglosemarkerto relasi Purwokerto – Solo Balapan (17.30 WIB)
- KA Serayu relasi Purwokerto – Pasarsenen (pagi) (07.00 WIB)
- KA Joglosemarkerto relasi Cilacap – Yogyakarta (06.00 WIB)
- KA Kamandaka relasi Cilacap – Semarang Tawang (13.05 WIB)
- KA Wijayakusuma relasi Cilacap – Ketapang (15.20 WIB)
- KA Sancaka Utara relasi Cilacap – Surabaya Pasarturi (17.10 WIB)
- KA Kutojaya Selatan relasi Kutoarjo – Kiaracondong (09.40 WIB)
Sebagai bentuk tanggung jawab kepada pelanggan, KAI memberikan service recovery sesuai ketentuan bagi penumpang yang terdampak keterlambatan. Sementara itu, pelanggan yang memutuskan membatalkan perjalanan akan memperoleh pengembalian bea tiket 100 persen.
Langkah ini menjadi bagian dari komitmen KAI dalam memberikan pelayanan terbaik sekaligus menjaga kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi kereta api.
PT KAI Daop 5 Purwokerto memastikan seluruh jajaran terus bekerja menjaga keandalan operasional, keselamatan, dan kenyamanan pelanggan. Koordinasi juga dilakukan secara intensif dengan daerah operasi lain untuk memastikan seluruh jadwal perjalanan kembali stabil.
“PT KAI Daop 5 Purwokerto menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas pengertian serta kepercayaan pelanggan dalam menggunakan layanan kereta api,” tulis KAI dalam keterangan resmi.
Dengan langkah cepat penanganan dan dukungan pelanggan, KAI optimistis seluruh perjalanan kereta api di wilayah Daop 5 akan kembali berjalan normal, aman, dan tepat waktu.













